Friday, April 17, 2009

Kisah lain di balik Pemilu


Pemilu legislatif yang baru saja usai menyisakan kisah lain di luar carut marut politik dan berbagai masalah kecurangan yang banyak diangkat.
Kisah ini berhubungan dengan para caleg yang telah banyak berkorban materi dan tenaga serta waktu untuk merebut satu kursi di legislative. Nah, ketika hasil pemilu tidak sesuai dengan yang diharapkan, dan tidak sebanding dengan biaya yang telah terkuras, mereka mulai linglung dan kemudian banyak yang stress. Sebuah republic yang unik. Kursi legislative tidak hanya diperebutkan oleh mereka yang layak, tapi juga terbuka bagi orang-orang gila yang ternyata selama ini tidak menyadari kegilaannya. Jadi di sisi ini, pemilu mempunyai hikmah yang juga unik, yaitu membuka mata masyarakat kita bahwa ternyata selama ini banyak orang gila di sekeliling mereka, dan kekalahan dalam pemilu membukakan jalan bagi orang-orang gila tadi untuk membuka tabir kegilaannya.


Memang, setelah pemilu digelar, barita-berita yang menghiasi wajah surat kabar nasional terbagi kepada dua hal. Yang pertama tentu saja tentang penghitungan suara, kecurangan-kecurangan yang dituduhkan, dimulai dari persoalan DPT, manipulasi suara dll……tuntutan kepada KPU dan bahkan Presiden, dan masalah-masalah lain yang berhubungan dengan kekisruhan pemilu. Nah, hal kedua adalah tentang sikap para caleg yang gagal tadi. Mulai dari yang stress, gila, bahkan sampai bunuh diri dan membunuh orang lain yang diduga mengejek kekalahannya. Juga berita tentang caleg yang berusaha meminta kembali uang ataupun hadiah yang diberikan kepada pemilih sebelum pemilu agar mereka mencentang namanya pada saat pemilihan, namun ketika suara yang didapat mengkhianati perjanjian tadi, maka uangpun harus kembali…keciaan..
Namun hal ini ternyata sudah diantisipasi oleh banyak Rumah sakit Jiwa yang jauh-jauh hari sudah menyiapkan kamar-kamar untuk para caleg yang stres. RSJ Semarang, Yogya, Pekan Baru, adalah sedikit di antara RSJ-RSJ lain yang mengantisipasi fenomena ini. Jadi bagi anda-anda yang mempunyai saudara, kenalan, teman, atau tetangga yang gagal jadi caleg, silahkan segera mendapatkan nomor telp RSJ terdekat di wilayah anda, karena siapa tahu dalam waktu dekat ini anda akan membutuhkannya……
106-03-01
17/4/09 22.57

0 komentar:

Post a Comment